Rabu, 11 April 2012

beberapa Cara Mengatasi ketergantungan alkohol




Minuman beralkohol atau minuman keras banyak kita jumpai hampir di seluruh tempat. Efek dari minuman keras minuman keras seperti bir, vodka, gin, martini atau campurannya bisa membuat seseorang mabuk dan hilang kendali karena orang cenderung minum lebih banyak banyak dari jumlah yang dipikirkannya. Makanya tidak aneh bila bang haji rhoma irama pernah membuat lagu berjudul “MIRASANTIKA”.Ironisnya,saat ini tidak hanya orang dewasa yang suka minum minuman keras, namun kebiasaan minum minuman keras juga dilakukan oleh anak anak yang masih dalam tahap belajar.Ter-la-lu…
Padahal menurut Dr Aaron Michelfelder dari Loyola University Stritch School of Medicine di Chicago, seperti dikutip dari AOLHealth, Senin (3/1/2011) mengatakan "Mabuk bisa menyebabkan kerusakan otak, karenanya seseorang harus merencanakan minuman apa yang ingin dikonsumsinya dan jangan terbawa arus,"
Michelfelder juga menuturkan selama ini masyarakat berpikir minum kopi bisa mengatasi mabuk, padahal kenyataannya tidak. Kopi mungkin bisa membuat seseorang merasa lebih terjaga, tapi ia tidak mengubah atau mengatasi efek dari mabuk.
nah untuk anda yang sudah kecanduan dengan minuman keras dan ingin menghentikannya, atau ingin agar anda tidak sampai mabuk, mungkin tip tip berikut bisa anda gunakan untuk mabuk akibat minuman beralkohol:
Zink dan vitamin B
Enzim di dalam hati bisa mengubah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu zat yang menyebabkan wajah memerah, sakit kepala dan mual yang merupakan efek dari mabuk. Untuk mendetoksifikasi alkohol ini, enzim hati memerlukan mineral zink (seng) dan vitamin B terutama B1. Karenanya orang yang sering mengonsumsi alkohol akan rentan terkena kerusakan hati. Oleh karena itu jika anda pemabuk berat, segera hentikan kebiasaan anda atau anda akan mengalami kerusakan hati yang fatal.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup
Mabuk bisa berakibat dehidrasi..Oleh karena itu jika seseorang habis minum, maka setelah sampai di rumah segeralah minum 500 ml air kelapa atau air putih. Cairan ini akan membantu menghidrasi tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah.

Usahakan perut sudah terisi sebelum minum
ketika perut anda sudah terisi maka makanan di perut akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh. Oleh karena itu, jika anda hendak pergi ke pesta, Mengonsumsi makanan bergizi sebelum pergi ke pesta akan sangat membantu anda.

Minum campuran wortel, bit, jahe dan lemon
Buah bit, wortel, jahe dan lemon adalah bahan-bahan yang baik untuk hati, sebagai terapi dan juga untuk mengurangi efek mabuk. Cobalah mencampurkan 3 wortel, bit, setengah cm jahe dan setengah cangkir lemon. Minumlah satu gelas sehari campuran tersebut.

Melakukan olahraga
Bila anda pecandu minuman beralkohol, lakukan Olahraga berat seperti cardio. Hal ini akan membantu memompa darah yang membuat tubuh lebih cepat mensirkulasikan darah melalui ginjal dan hati. Hal ini akan membuat tubuh semakin cepat mengeluarkan alkohol dari dalam sistem.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Comment