Friday, April 13, 2012

Faktor Penyebab Kebotakan Rambut


Faktor Penyebab Kebotakan Rambut - Selain faktor-faktor dari penggunaan sampo dengan bahan kimia yang berlebihan, mungkin varian gen, dan menopause, juga bisa mempengaruhi. Terdapat pula faktor lain yang disebabkan dari gaya hidup yang buruk, diet, dan stres dan sudah terbukti secara medis menjadi penyebab kebotakan.

Berikut ini merupakan beberapa Faktor Penyebab Kebotakan Rambut

Dilihat dari segi gaya hidup, merokok merupakan faktor signifikan yang berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Merokok dapat mengganggu folikel rambut serta mengganggu darah dan hormon bersirkulasi ke kulit kepala. Riset medis telah membuktikan sejak lama bahwa terdapat ada sekitar empat ribu racun kimiawi yang beredar di dalam tubuh saat menghisap sebatang rokok, berdasarkan roset yang dilakuakn oleh para pakarnya seperti Lin-Hui Su dari Far Eastern Memorial Hospital dan Tony Hsiu-Hsi Chen of National Taiwan University di Taipei. Saya sarankan untuk segera mengakhiri gaya hidup dengan rokok, karena riset sudah membutikkan bahwa rokok itu banyak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh dan juga untuk kesehatan rambut.

Karena pola hidup yang serba instan dan dalam waktu tertentu bisa membuat orang menjadi melar. Maka diet yang buruk juga berdampak pada rambut, karena rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membuatnya tumbuh sehat. Kekurangan nutrisi yang baik terhadap rambut menimbulkan efek lambatnya pertumbuhan rambut.

Maka sebaiknya juga menjaga pola makan, jangan terlalu diet terlalu ekstrim yang bisa membuat tubuh kita kekurangan nutrisi dan berbagai vitamin. Padahal vitamin itu justru sangat penting di dalam tubuh kita. Stop Hairloss Now merekomendasikan buah-buahan dan berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A, B6, B12 dan C. Makanan yang mengandung vitamin A akan membantu perkembangan sel-sel alami di dalam tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala. Buah-buahan berwarna merah, kuning, dan jingga tergolong sebagai makanan yang mengandung vitamin A, bersama dengan minyak ikan, susu murni, dan telur.

Ilustrasi Faktor Penyebab Kebotakan Rambut
Faktor Penyebab Kebotakan Rambut

Vitamin untuk rambut
Dan jangan lupa untuk asupan vitamin B6 dan B12 untuk tubuh juga bagus dalam menambah kesehatan rambut. Untuk fungsi vitamin B ini adalah membuat sel darah merah berformasi normal sehingga dengan mudah membawa oksigen ke rambut, dan rambut yang sehat dan kuat bergantung dari seberapa bagus asupan darah dan oksigen ke kulit kepala dan rambut Anda. Daging ayam, ikan, jagung, gandum, dan kacang kedelai merupakan makanan yang mengandung varian vitamin B ini.

Apabila kita kekurangan vitamin C maka akan menyebabkan rambut mudah patah, karena faktanya makanan yang mengandung vitamin C sangat esensial dalam memproduksi kolagen, jaringan yang menghubungkan setiap struktur sel di dalam tubuh, termasuk rambut. Makanlah banyak jeruk, tomat, lada, dan sayuran berdaun hijau gelap untuk mendapat asupan vitamin C lebih.

Jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin B, karena vitamin tersebut juga berperan penting dalam membuat rambut kita lebih sehat dan kuat. Apabila kekurangan vitamin tersebut maka mungkin bisa saja akan membuat rambut menjadi rontok dan akhirnya memicu kebotakan.

Stres pun juga berpengaruh pada kerontokan rambut, menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D. dari Mayo Clinic secara psikologis rambutpun dapat merasakan dampaknya, bahwa stres dan kerontokan rambut sangat memiliki hubungan yang kuat.

menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D., ada 3 jenis macam kerontokan rambut:
1. alopecia areata, yang terjadi saat Anda stres dan memicu sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga menghentikan pertumbuhan rambut
2. telogen effluvium yang dari dalam memicu pertumbuhan rambut namun pada fase istirahat kulit kepala, sehingga dalam jangka waktu lama, saat Anda menyisir, rambut dengan mudah berjatuhan
3. trichotillomania, sebuah keadaan saat anda tidak tahan untuk tidak menjambak rambut sendiri sehingga secara langsung rambut akan rontok.

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media