Thursday, April 12, 2012

Remaja yang Tidak Merokok Hidupnya 5 Kali Lebih Bahagia


Apakaha Anda sekarang merasa ketagihan yang namanya rokok? tapi masih bingung bagaimana cara mengentikannya dan lain sebagainya? Baca artikel ini.
Anda pastinya sudah tahu kalau merokok itu tidak hanya mempengaruhi kesehatan kamu secara fisik saja, tapi juga secara kejiwaaan. Khususnya para kalian yang masih remaja, hobi dalam merokok membuat massa muda Anda terasa 5 kali lebih tidak bahagia dan rentan terjerumus dalam berbagai kekerasan.
Sebuah penelitian dari Institute for Social and Economic Research di Essex University. Dalam penelitian tersebut, sedikitnya 5.000 orang responden yang sudah berusia sekitar 10-15 tahun di tanyai berbagai hal terkait dengan gaya hidup mereka sehari-hari.
Hasil pengamatan tersebut menunjukkan, remaja yang punya gaya hidup tidak sehat termasuk dalam merokok dan banyak meminum alkohol mendapatkan skor kebahagian 4-5 kali lebih rendah daripada yang memiliki gaya hidup sehat. Rokok memang membuat orang sangat tidak bahagia, yakni dengan skor 5 kali lebih rendah. sementara skor kebahagian yang paling tinggi oleh para remaja yang rajin makan sayur dan juga buah-buahan. Gaya hidup sehat ini yang juga meningkatkan kebahagiaan dan menurut penelitian tersebut antara lain rajin berolahraga, serta mengurangi konsumsi keripik, soda adan juga makanan bergula.
Menurut pendapat dari Dr Cara Brooker yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahawa kecenderungan ini sudah teramati secara konsisten bahkan ketika di sesuaikan dengan faktor lainnya seperti ekonomi sosial dan juga tingkat pendidikan orang tua. Artinya hasil dalam penelitian ini di yakini dapat mewakili populasi remaja pada umumnya.
“Pesannya adalah remaja harus memiliki gaya hidup yang sesehat mungkin. Jangan pernah ikut-ikutan menjalani perilaku orang dewasa yang tidak bahagia sama sekali dan tidak akan membantu Anda tampak dewasa”. kata Dr Brooker, seperti dikutip dari Dailymail.
Dalam penelitian ini juga mengungkapkan, bahwa gaya hidup remaja paling sangat rentan berubah menjadi sangat tidak sehat pada saat usia mereka menginjak 13-15 tahun. Pada usia ini, konsumsi sayuran dan juga buah-buahan maupun kebiasaan berolahraga turun menjadi 11 persen sedangkan konsumsi dalam merokok dan juga dalam meminum alkohol naik dari 8 persen menjadi 41 persen.

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media