Thursday, April 12, 2012

Rumah Masa Depan Pakai Lantai Sentuh


Rumah cerdas yang akan ada di masa depan pastinya membutuhkan cara untuk mengetahui siapa dan apa saja yang dilakukan penghuninya. Salah satu alat untuk bisa mewujudkannya akan hal itu adalah berupa lantai rumah.
US patent and Trademark Office baru-baru ini baru saja menyetujui hak paten yang sudah diajukan IBM. Paten ini juga terkait dengan sistem keamanan yang bisa menjelma lantai sentuh tersebut dan langsung mengenali orang yang sedang berdiri di permukaannya.
Lantai sentuh ini memang dibuat dengan kemampuan merasakan bentuk dan juga berat sehingga bisa membedakan orang dewasa, anak-anak dan juga hewan peliharaan yang berdiri di permukaannya.
Seperti yang diberitakan oleh Live Science, pada hari senin (9/4/2012), lantai tersebut hanya memiliki database identitas yang bisa langsung mencocokkan berat, bentuk dan juga jumlah kaki yang berdiri pada permukaannya. Ketika merasakan orang tak dikenal, lantai rumah masa depan itu akan langsung menyembunyikan alarm atau menghubungi polisi.
Selain itu, bisa mengawasi penyusup dari luar, lantai itu juga dibuat agar orang yang berada di dalam rumah itu bisa saling mengawasi. Dan hal itu bisa dilakukan karena kemampuannya mengenali kaki setiap orang.
Lantai rumah masa depan ini bisa langsung mengenali jika orang yang berbaring di permukaannya sedang sakit. Dan sebuah sensor di dalamnya memungkinkan lantainya bisa menganalisa sebuah denyut jantung orang tersebut. Jika orang yang berbaring itu berada dalam masalah, sistem akan secara otomatis melakukan sebuah panggilan darurat.
Sayangnya, masih belum ada kejelasan kapan teknologi super canggih ini akan bisa diterapkan, juru bicara dari IBM Cristopher Andrew mengatakan kepada InnovationNewsDaily, ”Paten dalam penemuan terbaru ini bukan bagian dari sebuah produk ataupun solusi. Dan kami tidak bisa memperkirakan bagaimana implementasinya nanti.”

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media