Wednesday, April 11, 2012

Tip mudah Mengurangi rasa malu dalam diri kita



Rasa malu hampir dimiliki setiap manusia, baik besar maupun kecil. Namun, perasaan malu yang berlebihan dapat mengakibatkan anda sulit untuk maju. perasaan malu itu tidak jauh berbeda dengan rasa tidak percaya diri pada apa yang ada didalam diri Anda. Padahal menjadi seorang pemalu bukan berarti Anda harus kalah bukan?.
Bagi anda yang kurang percaya diri atau memilik rasa malu berlebihan mungkin bisa mempraktekkan beberapa langkah berikut ini untuk mengurangi beban rasa malu anda.
1.Fokuskan pada hal positif
Ada pepatah mengatakan, kalau kita berpikir positif pasti hasilnya juga akan positif pula. Orang yang memiliki sifat pemalu cenderung sulit menunjukkan imej diri. Nah, untuk mengatasinya, ingatkan diri pada apa yang membuat Anda cukup percaya diri. Yaitu senyum, kecerdasan, dan karier Anda. Lalu fokuskan ketiganya pada situasi saat anda bersama orang banyak. situasi sosial .

2.Bukan pusat perhatian
Ingat. apapun yang anda kerjakan, tidak semua perbuatan anda diawasi oleh orang lain. ini penting disadari bagi si pemalu, jangan pernah berpikir bahwa Anda menjadi pusat perhatian. Tidak ada yang selalu mengamati gerak-gerik dan menghakimi Anda. Dengan begitu, Anda dapat merasa lebih "enteng" menjalani hari.

3.Jangan melabeli diri "pemalu"
Keyakinan adalah awal dari sebuah keberhasilan. jadi mulai saat ini stop melabeli diri sebagai seorang pemalu. Buang jauh-jauh predikat sebagai pemalu, karena itu hanya akan merusak usaha Anda untuk berhenti menjadi si pemalu.

4.Tenang
Saat kondisi terasa canggung, disarankan bagi si pemalu untuk tenang dan bernapas agar apa yang dia lakukan dapat lebih terarah, tidak gugup atau terburu-buru, dan tidak melakukan hal yang ceroboh.

5.Jangan berusaha jadi yang sempurna
Didunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, berhenti mengkhawatirkan harapan seseorang untuk Anda dapat tampil sempurna. ingatlah selalu bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan masing masing.

6.Keluar dan hadapi
Kita tahu Anda malu untuk berhadapan dengan lingkungan. Daripada mengunci diri terhadap kehidupan luar, mengapa tidak mulai melatih diri bagaimana berhubungan bersama orang lain dengan cara yang lebih benar. hal ini untuk melatih anda lebih leluasa secara pergaulan dan mudah dalam berkomunikasi dengan orang lain.

7.Belajar menerima pujian dan penolakan
Cara terbaik untuk menerima pujian ialah tersenyum dan mengucapkan terima  Lalu bagaimana dengan penolakan? Terima dengan lapang dada agar tidak menjadi beban yang berdampak lebih buruk pada diri Anda.

8.Belajar dari kesalahan
Jika Anda merasa yang sudah dilakukan untuk mengatasi rasa malu masih salah atau tidak merubah keadaan, ada baiknya Anda jadikan itu pelajaran. karena bagaimanapun juga guru yang terbaik adalah pengalaman anda sendiri.

9.Dukungan
Anda bisa minta dukungan dari orang orang terdejat anda untuk membantu Anda mengatasi rasa malu saat Anda tak mampu lagi mengatasi rasa malu yang berlebihan.  Biarkan dia tahu rencana Anda dan kapan Anda membutuhkan dukungannya. Semisal, dalam waktu dekat dia dapat menemani Anda menghadiri acara kantor. jadi be your self and take it easy  :)

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media