Wednesday, December 28, 2011

Menangkal Virus di Flashdisk


confickerPenyebaran virus kini semakin canggih, yakni melalui media auto play Flashdisk yang masukkan ke PC atau laptop. Salah satu cara untuk menghindari penyebaran virus melalui Flashdisk, adalah mematikan “AutoPlay” Ketika kita memasukkan Flashdisk yang telah terinfeksi virus, misal virus Conficker ke PC atau Laptop kita, secara otomatis fitur AutoPlay yang secara default aktif di Sistem Operasi Windows, akan menjalankan virus tersebut dan menginfeksi laptop kita.
Jadi, daripada kita terlanjur terinfeksi dan akhirnya harus susah payah mencari cara menghapus virus Conficker, lebih baik kita lakukan pencegahan sedini mungkin. Caranya sangat sederhana yaitu dengan menonaktifkan fitur AutoPlay di Laptop atau PC kita.
Ada beberapa macam software yang bisa kita gunakan untuk menonaktifkan AutoPlay, tapi akan lebih baik bila kita mengetahui cara manual untuk menonaktifkan AutoPlay, sehingga kita tidak terlalu tergantung pada software apapun.
  1. Open Start Menu > Run dan ketik “regedit” dan klik OK
  2. Cari Lokasi : KEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurren tVersionPoliciesExplorer
  3. Buatlaj sebuah key baru ( Klik kanan > New > DWORD Value ) Beri nama: NoDriveAutoRun
  4. Double klik untuk mengisi nilai ( data ). Pilih Base : Decimal dan isikan Value data dengan nilai  —> 67108863
  5. Jika diperlukan, dapat juga menambahkan nilai yang sama di HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurr entVersionPoliciesExplorer
  6. Restart PC

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media