Saturday, February 25, 2012

Ciri-ciri komputer terinfeksi oleh spyware



  • Spyware adalah sejenis software / program yang terinstal pada komputer untuk melihat dan merekam akitivitas-aktivitas di internet / program yang menyerang komputer dengan cara memata-matai komputer. Spyware juga bisa memanfaatkan data anda untuk digunakan secara tidak bertanggung jawab, seperti memalsukan identitas, dan lain sebagainya.

  • Software-software spyware tersebut dapat terinstal pada komputer anda melalui berbagai cara, dan umumnya pengguna komputer / user tidak sadar saat sebuah software spyware terinstal. Misalnya saja saat mendownload free games, wallpaper, screensaver, dan file-file lainnya di internet.


  • Ada beberapa jenis / macam spyware, beberapa diantaranya bahkan bisa mengumpulkan data dan informasi yang anda ketikkan pada sebuah website atau program-program lainnya. Jadi, mengapa nomor rekening kartu kredit bisa hilang, atau login dan password kita dicuri, semua itu adalah ulah dari Spyware.

    Berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri-ciri pada komputer, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi oleh spyware:
    1. Terdapat toolbar baru, link, bookmark / favorites, yang tidak pernah anda instal sebelumnya pada browser (tiba-tiba muncul).
    2. Homepage, mouse pointer, dan kolom pencarian pada browser anda berubah setingannya dari sebelumnya. Perubahan-perubahan tersebut mungkin disebabkan oleh aksi spyware.
    3. Sering muncul iklan pop-up, bahkan saat komputer tidak terhubung dengan internet.
    4. Ketika anda mengetikkan sebuah alamat website di browser, anda malah dibawa pada halaman web lain.
    5. Komputer tiba-tiba menjadi lambat, karena spyware tersebut akan menggunakan resource komputer, sehingga bisa mengurangi performa komputer secara keseluruhan.

  • 0 komentar:

    Post a Comment

    Monetize your website traffic with yX Media