Saturday, May 7, 2016

TIPS & TRIK CARA BARANG ELEKTRONIK AWET SAMPAI PULUHAN TAHUN

http://plaza-bisnis.com/wp-content/uploads/2015/09/toko-elektronik-online.jpg


Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik dalam penggunaan barang-barang elektronik :

  1. Tegangan Listrik
Sebelum menggunakan barang elektronik, periksalah instalasi listrik rumah. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah tegangan atau voltase listrik sesuai dengan kapasitas barang tersebut.
Tegangan listrik yang tidak stabil atau sering naik turun merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan alat elektronik. Untuk itu, sebaiknya menggunakan stabilizer yang berfungsi menstabilkan tegangan listrik. Dengan menggunakan alat ini, peralatan elektronik lebih aman jika voltase listrik naik atau turun.
  1. Waktu Pemakaian
Jika anda sering menggunakan barang elektronik, usahakan agar barang tersebut diberikan waktu untuk istirahat. Anggap saja seperti tubuh kita yang perlu beristirahat. Hal ini juga bertujuan agar mesin atau komponen di dalamnya tidak cepat rusak.
  1. Penempatan Barang
Sebaiknya jangan letakkan barang elektronik di tempat yang panas, temperatur yang tinggi bisa merusak komponen yang ada di dalamnya. Dan jika diberikan pelindung atau penutup, usahakan menggunakan bahan yang bisa melepaskan panas, karena jika tidak panas yang dikeluarkan oleh benda tersebut akan sulit keluar, sehingga berpengaruh terhadap komponen yang tidak tahan dengan panas.
  1. Hal yang Sebaiknya Dihindari
Jangan sering menjatuhkan, membenturkan, atau mengguncangkan barang elektronik. Karena dapat mematahkan panel sirkuit internal dan komponen kecil di dalamnya.
  1. Cara Membersihkan
Debu merupakan salah satu musuh besar alat elektronik, karena debu yang mengendap bisa menutupi komponen penting di dalamnya.
Sebaiknya gunakan cairan khusus untuk membersihkan barang-barang elektronik, dan gunakan lap pembersih yang halus agar tidak menimbulkan goresan-goresan atau lecet.
  1. Cara Memindahkan
Jika ingin memindahkan barang elektronik yang cukup besar, seperti Televisi, Kulkas, Mesin Cuci atau yang lainnya, sebaiknya dipindahkan dalam keadaan mati.
  1. Pengisian Baterai
Ada beberapa barang elektronik yang menggunakan baterai sebagai sumber energi.
Ada baiknya jangan mengisi baterai terlalu sering, contohnya mencabut kabel pengisian sebelum baterai terisi penuh dan kembali mengisi baterai Anda beberapa saat kemudian. Hal ini dapat menyebabkan baterai Anda menjadi cepat rusak. Isilah baterai sampai penuh barulah Anda mencabut kabel pengisian.
  1. Stop Kontak
Sangat penting untuk memperhatikan stop kontak atau colokan. Stop kontak pada intinya digunakan sebagai penyambung antara listrik dan peralatan elektronik. Kedua bidang yang bersambungan tersebut sebaiknya jangan sampai longgar atau kurang rapat, karena listrik yang masuk menjadi tidak stabil.
  1. Baca Buku Petunjuk Penggunaan
Jika Anda baru membeli barang elektronik, bacalah tentang cara penggunaan yang benar pada perangkat tersebut.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media