Sebelum
melamar pekerjaan, pastikan Anda meningkatkan beberapa keterampilan
yang menunjang karier. Berikut lima langkah meningkatkan keahlian,
seperti dilansir dari Shine.
1. Manfaatkan kekuatan media sosial
Banyak perusahaan yang mulai mempertimbangkan media sosial sebagai strategi bisnis mereka. Namun ironisnya, hanya beberapa orang yang menjadi pengikut atau berteman dengan perusahaan di Twitter dan Facebook.
Banyak perusahaan yang mulai mempertimbangkan media sosial sebagai strategi bisnis mereka. Namun ironisnya, hanya beberapa orang yang menjadi pengikut atau berteman dengan perusahaan di Twitter dan Facebook.
Agar
resume sosial Anda menarik, perbaiki isi tulisan dan pengaturan di
blog. Perhatikan pula bagaimana mendapatkan banyak pengikut. Manfaatkan
Facebook sebagai media memasarkan diri.
Anda
tidak hanya akan tangguh dalam kompetisi, tetapi juga telah membangun
jaringan yang dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan yang Anda
inginkan.
Pastikan
Anda selalu mengingat bahwa yang Anda lakukan secara online mendukung
resume. Jadi, jagalah agar selalu bersih dan profesional.
2. Kuasai program komputer terbaru
Perusahaan biasanya lebih memilih orang yang telah mengetahui
apa yang akan ia kerjakan, dibandingkan orang yang masih
memerlukan pelatihan. Itulah sebabnya, menguasai beberapa program
komputer dapat menaikkan ‘harga jual’ Anda.
Perusahaan biasanya lebih memilih orang yang telah mengetahui
apa yang akan ia kerjakan, dibandingkan orang yang masih
memerlukan pelatihan. Itulah sebabnya, menguasai beberapa program
komputer dapat menaikkan ‘harga jual’ Anda.
Pertimbangkan
untuk mengambil tutorial online, termasuk program yang digunakan dalam
pekerjaan Anda. Biasanya, program-program tersebut misalnya Word, Excel,
PowerPoint, Photoshop, dan program manajemen pelanggan seperti
Salesforce.
Akrab
dengan program-program profesional memberi nilai tambah pada resume dan
memberikan Anda kelebihan dibanding pelamar pekerjaan yang lain.
3. Asah kemampuan berbahasa asing
Ada banyak cara untuk mengasah kemampuan Anda berbahasa asing. Dari ikut kursus, membaca buku-buku berbahasa asing, membeli CD pembelajaran, hingga menggunakan fasilitas Skype untuk chat dan berbincang-bincang dengan orang asing. Biasanya, Bahasa Inggris dan Mandarin menjadi nilai tambah kemampuan yang akan dilihat perusahaan.
Ada banyak cara untuk mengasah kemampuan Anda berbahasa asing. Dari ikut kursus, membaca buku-buku berbahasa asing, membeli CD pembelajaran, hingga menggunakan fasilitas Skype untuk chat dan berbincang-bincang dengan orang asing. Biasanya, Bahasa Inggris dan Mandarin menjadi nilai tambah kemampuan yang akan dilihat perusahaan.
4. Menjadi sukarelawan di organisasi
Jika Anda tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, pengalaman
menjadi relawan adalah cara yang tepat untuk menunjukan etika
pekerjaan, pengetahuan, dan kehandalan Anda.
Jika Anda tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, pengalaman
menjadi relawan adalah cara yang tepat untuk menunjukan etika
pekerjaan, pengetahuan, dan kehandalan Anda.
Organisasi juga sumber informasi untuk pelatihan yang mengarah pada pengangkatan Anda sebagai karyawan tetap.
5. Hadiri pameran pekerjaanMencari pekerjaan membutuhkan koneksi. Berkunjung ke pameran pekerjaan merupakan peluang membangun hubungan profesional. Temui bebeerapa profesional dengan bidang pekerjaan yang Anda incar, ajak bicara, dan minta alamat email mereka.
0 komentar:
Post a Comment