Monday, June 11, 2012

Tips Mencari Kerja Di Media Jejaring Sosial


Dalam mencari pekerjaan melalui media jejaring sosial, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Ini dimaksudkan agar, calon tempat kerja kita dapat memiliki penilaian baik terhadap kita sejak awal. Hal-hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut:
1. Be your self
Maksudnya, adalah dalam setiap akun di media jejaring sosial gunakanlah nama serta biodata asli kita sendiri. Foto yang digunakan sebaiknya foto terbaru kita. Bukan foto resmi juga boleh.
2. Informasi sekerdarnya
Dalam mengisi biodata tentang pendidikan, minat dan bakat di akun jejaring sosial, sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Sebaiknya mengisi informasi terbatas. Sekarang makin marak pembajakan identitas melalui jejaring sosial. Hati-hati!
3. Pencitraan
Ini bukan berarti menjadi orang lain. Pastikan posting-an kita berisi ‘pemikiran positif’ serta menunjukan bahwa diri kita adalah pribadi yang positif, kreatif, pintar tetapi tetap sopan.
4. Menjadi orang yang informatif
Selain mencari informasi, kita sebaiknya memberi informasi kepada teman-teman di jejaring sosial. Bisa berupa link sebuah acara maupun informasi tentang lowongan pekerjaan. Ini melatih kita menjadi orang yang supel, dapat berbagi serta dapat bekerja dalam sebuah tim dengan mudah.
5. Jadilah teman
Kalau dalam bahasa Twitter, follow. Follow-lah akun-akun tentang informasi lowongan pekerjaan. Jangan lupa follow akun-akun tentang acara pengembangan diri, berupa les, seminar maupun organisasi sosial. Ini bisa menjadi ajang mencari link dalam mencari pekerjaan.
6. Waspada!
Ini lah yang harus benar-benar kita perhatikan. Penipuan banyak terjadi di jejaring sosial sekarang ini. Telitilah pada informasi lowongan pekerjaan serta akun yang memberi informasi tersebut. Cari tahulah tentang tempat kerja tersebut melalui internet, e-mail atau bisa langsung menghubungi contact person yang tersedia. Jangan lupa, selalu gunakan bahasa yang sopan dan formal.
Setelah kita melakukan enam hal tersebut, sekarang saatnya menyiapkan CV dan surat lamaran. Carilah pekerjaan yang sesuai, agar tetap semangat dalam bekerja. Good luck!

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media