Thursday, June 14, 2012

ATM Telapak Tangan Buatan Jepang





ATM Telapak Tangan Jepang
ATM Telapak Tangan Buatan Jepang - ATM umumnya menggunakan sebuah card yang nantinya untuk menggunakannya harus digesek. Namun di Negara Matahari Terbit ini, ATM menggunakan Telapak Tangan. Hal ini didasari karena adanya bencana Gempa Bumi yang melanda Jepang.

Saat gempa terjadi, para warga Jepang tidak sempat menyelamatkan ATM nya, sehingga para warga Jepang pun kesulitan ketika harus mengambil uangnya. Nah atas dasar inilah Jepang membuat sebuah inovasi baru yaitu membuat ATM Telapak Tangan.

ATM Telapak Tangan ini tentunya menggunakan sensor telapak tangan untuk mengambil uang di ATM. Bank Jepang yang mempelopori hal tersebut adalah Ogaki Kyoristu Bank. Fasilitas yang sangat refolusioner yaitu ATM yang memiliki fasilitas pindai telapak tangan untuk mengambil uang. Hal tersebut dilansir harian ternama Daily Mail, pada Senin 16 April 2012, menurut kabar tersebut mesin baru ini akan mulai dipasang di 10 bank, pada September 2012.

ATM Telapak Tangan dari Jepang
Dan Bank tersebut memberikan Slogan yaitu “Anda adalah kartu ATM Anda”. Menurut sumber ide tersebut muncul sebagai bentuk merespon dari ribuan orang yang selamat dari tsunami tahun lalu, yang tak bisa mengakses akun bank mereka selama berbulan-bulan karena kartu ATM dan KTP yang hilang.


Sementara itu teknologi ATM seperti ini bukanlah hal baru lagi di Jepang. Pada Desember lalu, Kraft–perusahan yang bergerak di bidang teknologi, mengeluarkan mesin yang menggunakan pindai biometrik untuk membaca usia dan jenis kelamin orang yang berdiri di depannya untuk melayaninya. Jadi jangan heran jika beberapa tahun kedepan ATM tidak lagi berbentuk kartu melainkan ATM dari telapak tangan atau sidik jari anda.

Hal semacam ini sudah biasa di Jepang, teknologi yang canggih sudah menjadi hal yang biasa, dan Kapan Indonesia memiliki ATM Telapak Tangan ?

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media