Saturday, May 19, 2012

10 Tips Menghadapi Ujian


Menghadapi ujian sekolah, ujian masuk kerja, ujian naik jabatan, ujian skripsi, dan ujian-ujian yang lainnya terkadang menimbulkan perasaan takut, grogi, dan terkadang dilanda stres. Meskipun mungkin sudah berulang kali menjalani ujian, namun bagaikan baru pertama kali mengalaminya. Berikut ini adalah 10 tips dalam menghadapi ujian agar lulus dengan baik.
Ujian

1. Berdoalah sebelum memulai semua aktivitas, termasuk belajar dalam menghadapi ujian. Luangkan beberapa jam untuk menentukan waktu untuk mencurahkan untuk setiap mata pelajaran atau materi.

2. Lakukan hal kecil namun penting. Buat frame, garis bawah atau tandai dengan stabilo atau spidol berwarna cerah pada bagian-bagian materi yang penting, untuk meningkatkan ingatan visual.
Tandai yang penting

3. Tentukan jenis topik yang mungkin menjadi bagian dari ujian. Tidak perlu repot-repot melakukan 30 latihan soal atau materi yang identik. Setelah menguasai satu topik, kita pindah ke topik berikutnya.

4. Jangan mengubah pola hidup (hobby yang positif seperti, olahraga, futsal dll) bahkan jika Anda sedang stres menghadapi ujian. Mengubah pola hidup dapat memiliki efek kelelahan meningkat, seperti stres dll. Kecuali jika Anda memiliki kebiasaan tidak belajar.

5. Tetapkan tujuan yang jelas, misalnya: “Dalam dua jam saya harus menguasai materi atau bab yang baru”
Tentukan waktu

6. Makan dengan baik. Melupakan makan atau makan berlebihan atau melewatkan jam makan memiliki efek buruk pada konsentrasi.

7. Lakukan 2 atau 3 pertemuan untuk membahas materi dengan rekan-rekan untuk menjaga semangat belajar dan saling memotivasi.
Belajar kelompok

8. Jangan mengkonsumsi obat-obatan!. Jangan mengkonsumsi obat tidur atau obat penenang lainnya untuk bisa tidur sebelum ujian. Gantilah dengan makanan sehat yang dapat mengaktifkan otak Anda seperti berbagai jenis ikan.

9. Tetaplah menjaga keseimbangan dalam segala hal dengan terutama dengan anggota keluarga seperti; orangtua, anak atau teman. Cobalah untuk rileks dan tidak terlalu tertekan, sehingga melupakan mereka.

10. Mencoba ambil keputusan yang tidak biasa. Dengan tidak mengulang atau membaca materi disaat-saat terakhir. Cobalah menenangkan diri dengan menonton film yang ringan, berjalan-jalan atau mendekatkan diri dengan Tuhan.
Menonton televisi

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media