Friday, May 4, 2012

4 Aspek Terpenting Dalam Memilih Hosting Yang Tepat


4 Aspek Memilih Hosting
Jika Anda saat ini sedang hunting hosting untuk situs Anda, maka Anda harus pelajari aspek-aspek yang akan saya jelaskan disini agar hosting yang akan Anda pilih nanti benar-benar sesuai dengan harapan Anda dan tentunya tidak mengecewakan. Saya share beberapa aspek ini berdasarkan pengalaman saya setelah lima kali berpindah-pindah hosting hingga saat ini saya memiliki 3 akun shared hosting dan 1 akun VPS hosting yang kesemuanya berlokasi di US dan UK. Untuk yang VPS, ini bisa dijadikan sebagai awal belajar memanage server hosting dengan WHM atau WinSCP/Putty yang nantinya akan berguna jika kelak Anda benar-benar membutuhkan hosting dengan dedicated server atau mungkin ingin menyediakan layanan hosting sebagai reseller.
Aspek-aspek ini sebenarnya merupakan tips dasar yang vital diketahui dalam memilih hosting karena posisi hosting sendiri adalah nafas dari kehidupan situs kita yang bernaung didalamnya dan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengevaluasi calon hosting pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan gundah karena yang akan saya share mudah dimengerti dan dipahami serta bukan hal-hal teknis kok…..tapi setidaknya ini akan membuat pilihan Anda jatuh pada hosting yang tepat. Lagipula, penjelasan ini pada dasarnya saya tujukan buat para newbie agar lebih tahu detailnya bagaimana memilih hosting yang paling tepat.
Memilih hosting layaknya memilih sebuah komputer dimana Anda harus mengetahui dan mengerti spesifikasi serta kegunaannya, namun Anda tidak perlu untuk mengetahui sedetail itu dalam memilih hosting, namun dalam aspek berikut akan membuat Anda mengerti tentang perbandingan Fasilitas, fleksibilitas, ketangguhan serta harga paket-paket hosting yang biasa ditawarkan para penyedia hosting.
Berikut aspek detailnya….
  • Fasilitas Hosting

Berbicara kualitas tentu berkaitan dengan fitur hosting yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan manajemen situs. Menurut saya, sudah sebaiknya jaman sekarang ini Anda perlu memilih hosting yang memiliki fitur Cpanel dan Fantastico karena kedua komponen ini akan memudahkan kita melakukan setup situs dengan lebih efektif dan efisien karena dengan adanya Cpanel, maka Anda memiliki kontrol yang penuh untuk mendukung keperluan situs Anda serta Fantastico akan berguna terutama bagi newbie dalam melakukan install script website berupa Content Management System ( CMS ) seperti WordPress, Joomla, Script forum maupun script php lainnya dengan mudah dan cepat.
Selain itu, Anda juga perlu memngetahui detail fitur script yang ada di paket hosting seperti versi PHP, MySql, Ioncube, Disk space, Bandwith, RAM dan lain sebagainya yang Anda butuhkan untuk mendukung keperluan situs Anda.
  • Fleksibilitas Hosting

Ini salah satu yang pernah saya alami yaitu bagaimana fleksibilitas hosting tersebut disaat situs Anda semakin berkembang dengan meningkatnya trafik….karena seiring dengan peningkatan trafik, tentu Anda akan membutuhkan space, bandwith maupun resource yang lebih besar dari sekadar sekedar shared hosting. Fleksibilitas disini adalah :
  • Apakah hosting Anda memiliki paket yang lebih tinggi dan fasilitas pelayanan upgrade yang mudah seperti dari shared ke VPS atau Dedicated?
  • Bagaimana dengan biaya paket yang lebih tinggi tersebut serta proses upgradenya?
  • Bagaimana kemudahaan yang ditawarkan jika suatu saat Anda akan bermigrasi ke hosting lainnya? Biasanya ini menyangkut nama domain yang juga teregistrasi di penyedia hosting tersebut.
  • Kualitas Hosting

Kualitas di sini adalah bagaimana uptime dari hosting tersebut? Setidaknya pilih hosting dengan record uptime yang paling mendekati 100% yang berarti situs Anda terjamin tidak sering down karena ini menyangkut trafik yang berarti jika Anda kehilangan trafik, maka Anda akan kehilangan profit dari situs yang mengalami downtime tersebut.
Kualitas pelayanan atau support 24/7 dari pihak hosting juga perlu Anda pertimbangkan sebagai bagian dari kualitas hosting karena jika sewaktu-waktu terjadi problem mendesak yang membutuhkan bantuan dari pihak hosting, maka mereka mudah untuk dihubungi serta siap siaga membantu dan melayani problem Anda dengan respon yang cepat.
  • Harga Hosting

Harga biasanya selalu berimbang pada ketiga aspek di atas dan saat ini hampir semua hosting yang bagus memiliki aspek-aspek tersebut dan juga harga yang terjangkau dan saling bersaing. Pilih yang sesuai dengan kemampuan budget Anda tanpa mengabaikan aspek-aspek tersebut di atas.
Saran saya adalah lebih baik untuk menggunakan penyedia hosting besar dan masuk jajaran terbaik di dunia seperti Hostgator atau Justhost karena selain sudah diakui dan digunakan oleh jutaan webmaster diseluruh dunia, mereka termasuk penyedia hosting 10 besar dunia yang memang memiliki server-server tangguh milik sendiri dan bukan sebagai reseller hosting disamping harganya yang ditawarkan juga relevan.
Bagaimana dengan Anda? apakah hosting Anda sudah memenuhi aspek-aspek tersebut di atas?
Oya…disini mungkin beberapa aspek yang saya berikan dalam pemilihan hosting masih kurang lengkap dan mendetail, akan lebih baik jika Anda menshare pengalaman dalam memilih hosting melalui komentar di bawah ini…

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media