Saturday, May 19, 2012

10 Klub Sepakbola Terkaya


Sepakbola selalu menjadi magnet bagi semua orang dan menjadi olahraga paling favorit di planet ini. Eropa adalah benua yang benua yang melahirkan klub-klub besar, terkenal, populer dan klub paling kaya di dunia. Berikut ini adalah Top 10 klub sepakbola terkaya di dunia. Peringkat klub sepakbola terkaya ini didasarkan oleh pendapatan yang dihasilkan dari klub tersebut berdasarkan perhitungan perusahaan akuntansi dunia Deloitte yang dirilis setiap tahun.
Klub sepakbola terkaya

10. Juventus FC

Juventus FC adalah klub sepakbola terkaya di dunia dengan pendapatan pertahun adalah sebesar 205 Euro atau sebesar 2,4 triliun rupiah. Juventus didirikan 1 November 1897 atau 114 tahun yang lalu di Turin, Piedmont, Italia. Presiden Juventus adalah Andrea Agnelli dan kini di bawah asuhan pelatih Antonio Conte. Juventus memiliki mendukung fanatik yang disebut Juventini. Juventus mengalami masa keemasan di bawah pelatih Marcello Lippi dengan Alessandro del Piero adalah bintang yang bersinar saat itu.
Juventus

9. FC Internazionale Milano

FC Internazionale Milano atau Inter Milan atau dikenal dengan Inter saja adalah klub sepakbola terkaya kesembilan dari San Siro, Milan, Lombardy Italia. Omset pendapatan Inter pertahunnya adalah 224 juta Euro atau 2,6 triliun rupiah. Inter sukses di bawah presiden Massimo Moratti dan di bawah asuhan pelatih Claudio Ranjeri. Inter didirikan 9 Maret 1908 dan bermain di Serie A.
Inter Milan

8. Liverpool FC

Liverpool FC adalah klub sepakbola terkaya diposisi delapan dengan pendapatan pertahun sekitar 225 juta Euro atau 2,7 triliun rupiah. Liverpool atau The Reds didirikan pada 15 maret 1892 di Liverpool, Merseyside, Inggris. Tahun 70an hingga 80an adalah tahun keemasan Liverpool. “You Never Walk Alone” adalah slogan dan lagu kebangsaan klub Liverpool.

7. AC Milan

AC Milan atau Milan atau Rossoneri merupakan klub sepakbola terkaya ketujuh di dunia dengan pendapatan tahunan sekitar 235 juta Euro atau 2,8 triliun rupiah. Milan berbasis di Milan, Lombardy, Italia didirikan pada 16 Desember 1899 dan Silvio Berlusconi sebagai pemiliknya. Pendukung Milan disebut milanisti.
AC Milan

6. Chelsea FC

Chelsea FC adalah klub sepakbola terkaya keenam di dunia dari benua Eropa. Omset tahunan The Blues, begitu panggilannya, adalah sebesar € 255 juta atau sekitar 3 triliun rupiah. The Blues didirikan sejak tahun 1905 dan kini dilatih oleh Roberto Di Matteo. Klub Chelsea berbasis di Fullham, London, Inggirs dan bermain di Liga Inggris.
Chelsea FC

5. Arsenal FC

Klub sepakbola terkaya kelima di dunia,khususnya di Eropa adalah Arsenal FC dengan pendapatan tahunan sebesar 274 juta Euro atau 3,2 triliun rupiah. Klub yang berbasis di Holloway, London dan di bawah manajer Arsene Wenger memiliki nama panggilan The Gunners, bediri sejak 126 tahun yang lalu.
Arsenal FC

4. FC Bayern Munich

FC Bayern Munich adalah klub terkaya keempat dengan pendapatan tahunan sebesar € 323 juta atau 3,8 triliun rupiah. FC Bayern Munich yang didirikan 112 tahun yang lalu memiliki beberapa panggilan seperti Die Bayern (The Bavarians), Die Roten (The Reds) dan berbasis di Munich Bavaria, Jerman. FC Bayern Munich merupakan klub sepakbola paling sukses di Jerman dan bermain di Bundesliga.
FC Bayern Munich

3. Manchester United

Manchester United (MU) adalah klub terkaya ketiga dengan omset tahunan sebesar 349,8 juta Euro atau 4,1 triliun rupiah. Klub asuhan Sir Alex Ferguson telah berdiri sejak 134 tahun yang lalu di tanah Old Trafford, Inggirs. MU telah menjadi klub besar dengan meraih banyak juara seperti 19 kali gelar liga, 11 kali Piala FA dan masih banyak lagi.
Manchester United

2. FC Barcelona

FC Barcelona menjadi klub sepak bola terkaya kedua di benua Eropa dan masih dari negara Spanyol. Pendapatan tahunan Barca adalah sebesar € 398 juta atau 4,7 triliun rupiah. Klub yang dimanajeri oleh Josep Guardiola yang didirikan 112 tahun yang lalu. Barca kerap disebut seteru abadi El Real, dan pertandingan-pertandingan mereka disebut sebagai El Clasico. Pendukung Barca disebut Barcelonistas atau Blaugranes atau Azulgranas. Trio Messi, Xavi dan Iniesta adalah tim yang sedang dibangun Josep Guardiola sebagai ujung tombak Barca.
FC Barcelona

1. Real Madrid

Ini dia klub sepakbola terkaya di benua Eropa, Real Madrid!. Real Madrid, Los Blancos (The Whites), Los Merengues, Los Vikingos (The Viking) begitu sebutannya, berasal dari negara Spanyol dan didirikan sejak 6 Maret 1902. El Real menjadi klub terkaya dalam hal pendapatan tahunan dan posisinya belum tergantikan selama 6 kali dalam 6 tahun terakhir atau sejak tahun 2004-2005, yang sebelumnya adalah Manchester United sebagai klub terkaya di Eropa yang berasal dari Kerajaan Inggris. Pendapatan Real Madrid sekitar 437 juta Euro dan asetnya sebesar € 1,4 miliar atau 16 triliun rupiah. Klub di bawah asuhan Jose Mourinho selalu bertabur bintang dunia dan pemain termahal juga bermain disana, Chritiano Ronaldo.

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media