Eksternal link terbukti
memberikan efek dalam seo bagi posting blog Anda dan banyak master seo
mengatakan bahwa setidaknya untuk setiap artikel dengan 300 kata
memiliki maksimal dua ekternal link menuju situs lain yang tentunya
relevan dengan konten posting kita. Bukan hanya untuk mengejar seo saja
dengan menempatkan ekternal link menuju situs otoritas seperti
Wikipedia atau About.com misalnya.
Menentukan jumlah eksternal link dalam suatu dalam suatu halaman
posting juga perlu memperhatikan kuotanya karena jika terlalu banyak
link yang menuju keluar pun efek seonya juga tidak akan memuaskan.
Selain berpengaruh terhadap seo, karena sebuah blog adalah sumber
informasi yang terpercaya dan selalu update, maka eksternal link yang
terlalu ekstrem akan berpengaruh terhadap pembaca dan kualitas blog Anda
seperti mempengaruhi presentase bounce rate dimana pengunjung lebih
banyak meninggalkan situs Anda melalui link eksternal situs lain
tersebut tanpa membuka halaman lain di blog Anda.
Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda perhatikan bagaimana
memberikan eksternal link dalam suatu postingan yang efektif.
- Hindari Situs Dengan Promosi Komersial
yang Berlebihan
Jika Anda memang harus memberikan referensi terhadap situs atau blog
lain, maka perhatikan situs tersebut terlebih dahulu apakah banyak unsur
promo
komersilnya atau tidak karena jika Anda mereferensikan situs seperti
ini dijamin akan membuat pengunjung risih apalagi jika promo tersebut
tidak nyambung dengan konten Anda sama sekali.
- Sesuaikan Dengan Level Blog Anda
Berikan link ekternal hanya menuju ke blog yang tingkatan levelnya
sama dengan Anda atau setidaknya lebih tinggi sedikit kualitasnya dengan
blog Anda. Ini agar pengunjung Anda tetap setia menjadi pembaca blog
Anda dan tidak berpindah ke blog lain hanya karena blog lain lebih
bermutu tanpa pernah lagi melirik blog Anda. Intinya sesuaikan dengan
target pengunjung Anda apakah newbie, advance atau master.
- Hindari Sesama Niche atau Topik
Ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya juga, hanya saja ini
adalah yang benar – benar 100% sama topiknya bukan relevan karena
relevan konteksnya adalah yang masih berhubungan topiknya. Jika blog
Anda membahas mengenai tutorial
wordpress, maka
sebaiknya jangan memberikan ekternal link juga kepada blog lain yang
membahas hal yang sama namun sebaiknya topic lain yang masih berhubungan
dengan tutorial wordpress seperti
teknik
blogging atau pembahasan template untuk wordpress.
- Gunakan Referensi yang Berbeda
Tidak jarang saya menemukan blog yang hanya melakukan ekternal link
hanya kepada satu situs tertentu saja namun beda halaman artikel.
Alangkah lebih baik jika kita menggunakan referensi relevan dari situs
yang berbeda – beda karena setiap karakter tulisan pun juga akan lebih
beragam dan tidak membosankan. Contoh, jika Anda menyukai blog saya ini,
maka dalam setiap posting Anda selalu mereferensikan situs saya
meskipun itu menuju ke artike yang berbeda. Sebaiknya di split saja
referensinya dari situs – situs yang berbeda namun tetap menjaga
relevansinya.
Selamat mencoba.:)
Wah nice tips sob :D mantab blognya :)
ReplyDelete