Friday, May 4, 2012

5 Tips Praktis Agar Sukses Jualan Online


Jualan online

Beberapa waktu lalu, seorang teman berkata kepada saya bahwa dia akan resign dari tempatnya bekerja dalam waktu dekat. Ketika saya tanyakan alasannya, dia mengatakan bahwa dia ingin memulai bisnis sendiri. Kemudian saya tanyakan lebih lanjut, bisnis apa yang ingin dia lakukan, dia menjawab: “saya ingin jualan baju secara online”.
Ya, betul. Internet sedang trend dan booming.
Salah satu efek lanjutannya adalah semakin banyak orang yang ingin “kecipratan” profit melalui berjualan secara online dengan menggunakan toko online, mulai dari jualan baju, fashion, asesoris, dan sebagainya.
Bahkan, tidak hanya individu, kini mulai banyak perusahaan-perusahaan yang mulai memanfaatkan internet sebagai salah satu channel pemasarannya dalam menjual produk-produknya. Saya pernah menemukan sebuah perusahaan distributor yang menggunakan blog dalam memasarkan produk-produk alat pemadam api dan kamera CCTV.
Nah, berikut adalah 5 tips dari saya bagaimana agar sukses jualan secara online, baik untuk individu ataupun corporate:
1.    Pastikan Bahwa Produk/ Jasa Anda Memang Dicari via Online
Sebagai contoh, jika Anda menjual beras, mi instan, minyak goreng, sabun, dan produk-produk consumer goods lainnya secara online, kemungkinan besar Anda tidak akan sukses.
Mengapa?
Karena customer behavior-nya belum sampai ke arah sana. Untuk mendapatkan barang-barang tersebut kita tidak mencarinya via internet. Kita langsung pergi ke supermarket atau pasar terdekat.
Lain ceritanya kalau (misal) Anda menjual produk-produk fashion dan asesoris, karena jenis produk tersebut memang banyak dicari via internet.
2.    Lakukan SEO Agar Website Toko Online Anda Muncul di Page 1 Google
Untuk mendatangkan calon pembeli potensial ke toko online Anda, maka SEO (Search Engine Optimization) sangat vital. SEO adalah cara agar website Anda bisa muncul di halaman 1 Search Engine (seperti Google) ketika ada yang mencari produk atau jasa Anda.
3.    Buat Tampilan Toko Online yang Easy-to-Use dan Informative
Setelah berhasil mendatangkan visitor ke toko online Anda, pastikan mereka tidak “ilfil” terhadap website Anda. Dan yang lebih penting, buat tampilan website yang bisa menjual.
Untuk toko online, pastikan website Anda memiliki tampilan yang mudah dipahami, tidak ribet, dan clear. Pastikan visitor mudah melakukan navigasi ketika hendak mencari produk tertentu sehingga menciptakan shopping experience yang positif.
Tampilkan juga informasi-informasi penting yang memang dibutuhkan oleh visitor, seperti harga, deskripsi produk, dan nomor telepon yang mudah dihubungi, alamat email, Chat Messengger, dan sebagainya.
4.    Promosi di Forum, Online Direktori, Iklan Baris, Social Media, dll.
Namanya jualan, tentu perlu yang namanya promosi. Nah, di internet juga tersedia beberapa channel promosi yang bisa Anda manfaatkan. Berita baiknya lagi, sebagian besar diantaranya gratis dan low-budget, tetapi efektif.
Berikut adalah tiga jenis website yang high traffic dimana Anda bisa mempromosikan produk atau toko online Anda:
  • Forum (melalui thread jual beli)
  • Iklan baris
  • Social media seperti Facebook dan Twitter
5.    Jangan Lupakan Aturan Dasar dalam Marketing dan Bisnis
Aturan berbisnis di dunia online tidak jauh berbeda dengan berbisnis di dunia offline. Jangan lupakan hal-hal basic seperti menyediakan produk yang berkualitas, diferensiasi produk, layanan yang ramah dan responsif, delivery produk yang cepat, jujur dan bisa dipercaya, dan sebagainya.
Karena, sehebat apapun strategi promosi dan marketing Anda, semua itu akan percuma kalau Anda melupakan hal-hal basic tersebut.
Selamat berbisnis!

Sumber: http://handokotantra.com/5-tips-praktis-agar-sukses-jualan-online.html#ixzz1tu8nLgle

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media