Friday, May 4, 2012

Apa Itu Bisnis Jual Beli Situs dan Di Mana Tempatnya?


Bisnis jual beli websiteBisnis online memang banyak bidangnya yang bisa dijalankan selain yang paling populer yaitu afiliasi dan PPC. Jual beli situs atau website yang juga dikenal dengan istilah flipping site atau site flipping pun bisa dilakukan sebagai bisnis online karena untuk melakukannya memang ada tempat di mana kita bisa melakukannya secara online sebagaimana layaknya dalam jual beli di dunia nyata.
Mengapa ada bisnis jual beli situs?
Ada dua alasan mengapa bisnis jual beli situs sebagai bisnis online yaitu adanya pembeli dan penjual. Sederhana kan? :)
Ya…memang namanya jual beli terjadi harus ada dua komponen tersebut, namun apa alasan dari para pembeli dan penjual tersebut untuk melakukan jual beli? Berikut ini adalah alasan mengapa penjual menjual situs dan pembeli membeli situs :
  • Penjual
Mereka biasanya adalah para developer situs yang memang membuat website untuk dijual. Mereka adalah pelaku sejati bisnis jual beli situs ini.
Pemilik situs yang sudah tidak ingin mengurus situsnya dengan berbagai alasan mulai dari sibuk, fokus pada proyek lain atau memang karena membutuhkan uang tunai secara cepat tanpa perlu berhutang.
  • Pembeli
Mereka yang awam dengan pembuatan situs dan ingin memiliki sebuah situs sehingga memilih untuk membeli situs yang sudah jadi.
Developer yang memang mencari situs potensial namun yang masih baru jadi dan belum dioptimalisasi untuk kemudian dioptimalkan kembali baik dari sisi design maupun monetisasi dan setelah optimal, mereka akan kembali menjualnya dengan harga yang lebih mahal.
Lalu di mana kamu bisa melakukan jual beli situs ini?
Ada beberapa tempat yang populer untuk jual beli situs ini, namun untuk yang lokal khusus jual beli situs di Indonesia ini setahu saya belum ada kecuali thread di forum lokal.
Berikut ini tempat yang populer untuk jual beli situs :
Merupakan tempat nomor satu serta paling kredibel untuk melakukan jual beli dan lelang situs. Bukan hanya situs yang bisa dijual di sini, domain pun juga bisa. Biaya per listing adalah $19
Forum yang terkenal dengan internet marketing ini memiliki thread khusus untuk jual beli website dengan biaya sekitar $20 per listingnya.
Merupakan forum yang menyediakan thread jual beli website seperti Warrior forum namun untuk listing di Digital Point tidak dikenakan biaya listing alias gratis.
Merupakan forum lokal yang memiliki thread jual beli website tanpa biaya listing. Sangat tepat untuk jual beli website lokal.
Nah..itu adalah sekilas gambaran mengenai bisnis jual beli situs serta tempat yang populer untuk jual belinya.
Jika kamu ingin memiliki sebuah blog namun masih awam bagaimana untuk membuatnya, kamu bisa berburu blog yang dijual di tempat jual beli situs tersebut atau menggunakan jasa pembuatan blog dengan biaya yang lebih terjangkau dibanding blog yang sudah jadi.
Apa kamu punya tambahan lagi sebuah tempat yang menjadi favorit dalam bisnis jual beli situs ini?

2 komentar:

Monetize your website traffic with yX Media