Thursday, May 3, 2012

Tips Memilih Komputer





Giliran mau beli komputer buat gantiin kompie yang lama atau beli pertama kali, pasti bingung deh. Pengennya yang paling update dan high tech, tapi bener ga itu yang kita butuhin.
Beli Laptop, Netbook atau Desktop?
Naa bingung lagi kan hehehe..
Klo kamu suka bepergian, maka laptop adalah pilihan yang tepat. Desktop adalah pilihan yang tepat kalo kamu banyak bekerja dari rumah dan ga banyak bepergian.
Sementara netbook mempunyai keterbatasan dalam hal memori, dan biasanya dipakai hanya untuk browsing, cek email, mendengarkan musik dan hal lain yang tidak memerlukan banyak memori.
Apple atau Windows?
Apple membutuhkan budget yang lumayan besar, tapi jika sesuai dengan budget maka pilihlah Apple. Karena Apple terkenal lebih tahan banting dibandingkan dengan Windows. Tapi bila budget tidak memungkinkan, banyak juga komputer dengan windows yang tahan banting.
6 hal teknis yang perlu diperhatikan dalam memilih komputer
1. Portability
Ukuran dan berat sebuah komputer perlu jadi pertimbangan terutama jika membeli sebuah laptop.
2. Ukuran monitor
Ukuran monitor tergantung dari selera masing2 orang. Walaopun ukuran berbeda biasanya monitor punya resolusi yang sama. Tetapi semakin lebar monitor, maka semakin pendek umur baterai. Monitor lebar tentunya makin sedap klo dipake buat nonton film :-D
Jadi tinggal putusin, mau pilih yang mana? Baterai atu layar lebar? ;-)
3. Processor
Jika monitor adalah mata dari sebuah komputer maka prosesor adalah otaknya. Processor menentukan kecepatan dan kinerja komputer. Parameter yang digunakan untuk prosesor adalah Gigahertz yang merupakan satuan untuk kecepatan. Processor biasanya di supply oleh 2 pabrik besar, Intel dan AMD. Kedua processor ini sama2 reliable, tetapi kebanyakan laptop, netbook dan pc menggunakan intel untuk processornya.
4. Memory
Dikenal juga dengan istilah RAM. Memori adalah jantung dari sebuah komputer. Memory yang digunakan oleh komputer untuk menjalankan program seperti MS Words, iTune dan browser internet kamu :-) . Penting untuk memilih komputer yang punya RAM setidaknya 3 atau 4 GB. Netbook biasanya RAM dibawah 3GB karena netbook tidak digunakan untuk aplikasi yang kompleks.
5. Hard drive
Hard drive menentukan kapasitas menyimpan sebuah komputer. Ketika kamu mendownload musik, video atau dokumen berarti kamu menggunakan kapasitas ini. Secara umum, kamu membutuhkan min 160GB tetapi jika kamu banyak menyimpan musik, foto dan  video maka pilihlah komputer dengan min 320GB
6. Daya tahan baterai
Selalu cek daya tahan baterai sebuah laptop. Terutama jika kamu banyak bepergian dan bekerja di luar ruangan. Tips umum, min daya tahan baterai yang kamu butuhkan adalah 3 jam.
Selain keenam faktor di atas, perlu diperhatikan juga apakah komputer tsb dilengkapi dengan web cam dan built in digital media card slot

1 komentar:

  1. Hadir perdana disini sekalian followed...happy blogging!

    ReplyDelete

Monetize your website traffic with yX Media