Friday, May 4, 2012

Apa Itu Linkwheel dan Fungsinya?




Linkwheel adalah

Sebagai blogger yang mengutamakan sumber trafik dari optimasi seo off page untuk mesin pencari, linkwheel tentu sudah tidak asing lagi dan bahkan linkwheel merupakan sebagian dari teknik advance dari seo itu sendiri. Linkwheel pada dasarnya adalah suatu halaman yang memiliki backlink menuju situs kita dan dari halaman tersebut terhubung melalui link dengan halaman lain yang juga memiliki backlink menuju situs kita yang skema mirip seperti roda dengan jari jemari yang saling tertaut dengan hyperlink.
Penggunaan linkwheel ini biasanya diterapkan pada halaman situs yang memiliki otoritas tinggi dengan konten relevan seperti :
  • Blogger
  • Squidoo
  • HubPages
  • Tumblr
  • Livejournal
  • Quizilla
  • Blog.com
  • Xanga.
Dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan dari optimasi situs utamanya. Saat ini bahkan untuk link profil pun bisa dimanfaatkan untuk linkwheel agar efek seo lebih mantap selain linkwheel yang biasa diterapkan antar blog dalam satu jaringan milik kita sendiri. Sebenarnya tidak perlu terpaku pada situs web 2.0 otoritas tersebut, namun Anda juga bisa menerapkannya pada situs press release atau direktori artikel dimana setiap halaman artikel bisa ditautkan dengan halaman lainnya asal memang relevan antar kontennya, kalau tidak ya bisa dianggap spamming.
linkwheel
Dalam penerapan teknik linkwheel ini, banyak juga perbedaan pendapat yang muncul seputar efektifitas dari fungsi linkwheel ini seperti tidak berefek apapun karena teknik ini sudah teridentifikasi oleh Google sebagai manipulasi link building, namun jika kita melakukannya dengan benar saya rasa tidak ada masalah dan tetap akan terhitung sebagai salah satu sumber backlink yang cukup ampuh untuk optimasi rangking di mesin pencari terutama untuk situs micro niche dengan keyword yang tidak terlalu kompetitif dan juga Google tidaklah terlalu pintar untuk menganggap linkwheel adalah manipulasi atau tidak.:)
Saat ini bahkan sudah ada skema linkwheel yang lebih advance lagi yaitu seperti linkwheel yang brtumpuk yang belakangan disebut dengan link pyramid dengan menerapkan konsep konten relevansi seperti pada Google Wonder Wheel yang skema blueprintnya bisa Anda lihat pada gambar berikut ini :
linkwheel
Yang satu ini memang terlihat rumit dan membingungkan, namun sekali jadi maka efek seonya pun sangat kuat untuk meningkatkan rangking di mesin pencari serta memperkuatnya supaya tidak mudah rontok.
Oya, jika Anda ingin menggunakan jasa seo link building karena keterbatasan waktu atau males optimasi karena Anda ingin fokus pada situs Anda, Anda bisa menggunakan jasa seo milik saya di mana untuk pilihan paket jasa backlink bervariatif serta harganya sangat terjangkau.
Nah, bagaimana dengan Anda, apakah sudah sering menggunakan teknik linkwheel ini untuk optimasi seo situs Anda? dan bagaimana efektifitasnya menurut Anda?

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Monetize your website traffic with yX Media